user image SIMUPHA Raih Juara 1 Batik Ciprat Jakarta Shared publicly Jan 01, 1900 12:00 AM   Panitia   Pendidikan  

SIMUPHA Raih Juara 1 Lomba Desain Fashion Batik Ciprat di Jakarta 

SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi pada tanggal 13 Maret 2023 mampu meraih  Juara 1 Lomba Desain Fashion Busana Batik Ciprat atas nama Ananda Syahlika Kompetensi Keahlian Tata Busanayang diselenggarakan oleh Mien R Uno Foundation Mien di Jakarta. Lomba kategori pelajar ini membuktikan kemampuan skill siswa/i Kompetensi Keahlian Tata Busana tidak kalah bersaing dengan peserta lomba dari Jakarta maupun dari luar Jabodetabek serta membumikan warisan budaya Nasional.

Penganugerahan pemenang diberikan langsung oleh Ibu Mien R Uno di Jakarta guna memotivasi talenta-talenta muda yang berbakat di dunia fashion. Dalam keterangannya Kepala Sekolah Eko Endro Purnomo menyampaikan bahwa hasil ini cukup membanggakan sekolah setelah beberapa bulan yg lalu juga mampu meraih Juara 3 Nasional Lomba Desain Busana di Malang, Jawa Timur. Hal ini membuktikan bahwa kualitas SDM kita cukup mumpuni untuk membuat karya yang bisa bersaing di dunia Fashion.

Secara terpisah Kaprodi Tata Busana Ibu Nurlia Seskarani memberikan apresiasi yang cukup baik atas prestasi ini untuk meningkatkan kemajuan kompetensi keahlian Tata Busana di masa depan khususnya Batik sebagai warisan budaya Indonesia. Tantangan fashion masa depan bagaimana bisa mengartikulasikan material yang ada disekitar kita untuk bisa menjadi inspirasi anak muda masa kini lebih inovatif dan trampil mengolah setiap potensi yang ada. 

Menurut Ibu Ernawati guru pembimbing Tata Busana, bahwa batik ciprat sendiri sesuai namanya pembuatannya dilakukan dengan menciprat-cipratkan larutan malam (bahan untuk menggambar kain batik). Malam dicipratkan dengan menggunakan tangan, sendok, kuas, atau lidi yang dalam pembuatannya menggunakan teknik jumputan dan teknik colet atau kuas. Perbedaan batik Ciprat dengan batik yang lain adalah warnanya yang mencolok.(eep/red)

SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi

SMK Inovasi berbasis Industri

pmb@simupha.sch.id   021-82495502
  • Tata Busana - Akreditasi (B)  
  • Tata Boga - Akreditasi (B)  
  • Farmasi Klinis - Akreditasi (B)  
  • Asisten Keperawatan - Akreditasi (B)  
 

Top News

Bergabunglah bersama Kami

Segera ambil langkah anda untuk masa depan yang lebih baik, bergabunglah bersama kami di SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi.

INFORMASI & KONTAK

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui kontak informasi sebagai berikut :

Address

Cileungsi
Bogor

Phone Number

021-82495502